Nikmati Wisata Di Flores Timur

Ingatkah Anda pada gambar komodo di pecahan uang rupiah? Ya, gambar tersebut merupakan ikon yang menjadi ciri Flores. Namun, sejatinya Flores tidak hanya memiliki Pulau Komodo sebagai wisata yang ditonjolkan. Di daerah ini, Anda bisa menemukan banyak destinasi-destinasi yang memanjakan mata dan batin. Selain mata tenang dengan keindahan alamnya, banyak pula wisata religi Nasrani yang membawa kedamaian batin.

Bergeser dari Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan destinasi Flores yang sudah terkenal, namun ada beberapa destinasi lain yang berada di kabupaten Flores Timur. Kali ini penulis akan membawa Anda pada daerah kabupaten Flores Timur yang menyimpan beragam keindahan alam. Jika Anda sedang mengunjungi Flores, maka Anda wajib mengunjungi destinasi-destinasi ini.

Kabupaten Flores Timur merupakan daerah kabupaten yang berada di Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 69 tahun 1958. Masih banyak yang belum mengetahui destinasi-destinasi wisata di daerah ini dan kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai beberapa destinasi yang ada di Flores Timur, antara lain:

  • Danau Asmara

Danau ini memiliki nama asli Waibelen. Danau ini merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Sodoberawao Kobanara pada tahun 400-500 SM.

  • Taman Doa Mater Dolorosa

Taman ini merupakan tempat untuk wisata rohani Katolik, di mana Anda bisa berdoa dan menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Arti dari nama taman ini adalah Bunda Duka Cita, yang berarti kedekatan Anda dengan sang pencipta.

Meskipun begitu, taman ini terbuka untuk umum. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan pemandangan sekitar taman yang asri dan menyenangkan mata. Tentunya, Anda harus menjaga tata krama dan saling menghormati di tempat ini.

  • Pantai Asam Satu Weri

Pantai yang terletak tidak jauh dengan kota Larantuka ini masih terawat bersih. Meskipun berada dekat dengan kota, pantai ini masih terjaga kebersihannya, sebab warga sekitar sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Suasana pantai ini sangat tenang, sehingga sangat cocok dengan Anda yang senang dengan ketenangan. Cocok pula bagi Anda yang sedang dilanda stres dan butuh tempat untuk merenung, pantai ini menyajikan pemandangan penyejuk mata dan hati. Lebih indah lagi jika Anda datang saat sunset atau sunrise.

Beragam pantai manjakan mata dan hati

Selain ketiga destinasi di atas, ada pula Pantai Kawaliwu yang tak kalah indahnya dengan pantai Asam Satu Weri. Di pantai ini, Anda akan terkesima dengan momen sunset yang begitu indah. Selain itu masih ada pantai Labawain, Watowara, Oa, Rako, Deri dan Solor yang begitu memikat dengan pasir dan pemandangan sunsetnya.

Tak hanya pantai, Flores timur juga memiliki destinasi Istana Raja Larantuka yang bisa Anda kunjungi.  Berada di seberang taman doa, istana ini dibangun mengikuti gaya arsitektur Belanda. Istana ini pernah mengalami pemugaran di tahun 2007. Terdapat patung Bunda Maria yang menggendong anak sambil memegang tongkat di dekat istana Larantuka. Patung ini berdiri di atas tiang semen dengan ejaan di depannya yang berbunyi “ Sa Maria Renja Larantoeka Lindoengkanlah Kami”. Kalimat dengan ejaan lama ini terpatri sebagai doa untuk dilindungi.

Jadi, sudahkah Anda menentukan ke mana Anda pergi saat berada di Flores Timur? Jangan buang-buang waktu Anda dengan percuma. Sebab, pemandangan yang tersaji jelas menyegarkan pikiran Anda dan melenyapkan stres yang tengah Anda tanggung. Selain itu, daerah ini masih kental dengan sejarah-sejarah kebangsaan yang membuat Anda bernostalgia dengan jaman dahulu.