Ingin Travelling? Simak Dulu Tipsnya

Berlibur adalah hal yang wajib dilakukan ketika stres tak kunjung jera datang. Dengan berlibur kepuasan batin menjadi terlengkapi, selain itu berlibur bisa membuat hidup Anda lebih berkualitas dan meningkatkan mood. Namun ada kalanya berlibur menjadi hal yang menjengkelkan ketika Anda kurang mempersiapkan diri. Bukannya kesenangan yang di dapat justru sebaliknya dan tentu saja hal ini membuat kegiatan liburan Anda menjadi terasa sia-sia. Untuk itulah kali ini penulis menyajikan beberapa tips dalam mempersiapkan diri ketika akan melakukan travelling.

Tips bawaan backpacker

Travelling sendiri bisa dilakukan sendiri maupun bersama. Namun tetap saja Anda harus melakukan persiapan sebelum Anda melakukan travelling bersama teman atau sendiri. Jika Anda ingin melakukan travelling mandiri atau backpacker, banyak yang perlu Anda lakukan agar lebih maksimal travelling. Misalnya sebagai berikut:

  • Tas punggung

Tas ini wajib sekali Anda bawa ketika backpacker. Mengapa? Tas ini bisa memuat banyak benda yang bisa Anda bawa. Jika Anda travelling ala backpacker maka Anda memerlukan tas punggung ini. Ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan barang yang Anda perlukan dengan berapa lama Anda akan melakukan travelling. Jika Anda tipe orang yang tak bisa membawa barang berat, maka sebaiknya Anda menggunakan tas yang nyaman dengan punggung dan memiliki pengganjal yang halus dan empuk.

  • Makanan

Makanan ringan atau makanan instan bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, Anda bisa menghemat uang dengan menyediakan makanan instan dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Bawalah makanan instan seperlunya saja, hal ini mengantisipasi ruang yang akan digunakan untuk makanan. Jika terlalu banyak, maka ruang untuk barang lainnya akan berkurang. Pikirkanlah berapa banyak makanan yang dibawa dengan menyesuaikan berapa lama Anda akan travelling.

Jangan lupa untuk selalu membawa pemurni air dan air minum. Hal ini untuk mengantisipasi ketika Anda tidak menemukan air minum yang sehat. Anda bisa menggunakan pemurni air sebelum meminum air supaya kuman-kuman menghilang/ tidak lupa, makanan yang dibawa harus dibungkus terlebih dahulu misalnya dengan aluminium foil jika tidak dikemas.

  • Pakaian

Bawalah pakaian secukupnya karena jika terlalu banyak maka Anda akan menghabiskan ruang hanya untuk pakaian. Bawalah pakaian yang sesuai dengan tempat destinasi. Jangan membawa pakaian hanya karena Anda ingin terlihat modis. Bawalah jaket untuk mengantisipasi dingin, underwear sintetik, t-shirt sintetik, mantel dan dalaman kaos kaki. Beberapa item ini akan berguna saat Anda melakukan travelling ala backpacker.

  • Bawalah perlengkapan lain

Sebagai tambahan, untuk wanita sebaiknya Anda membawa pembalut atau tampon. Hal ini bisa saja Anda gunakan karena saat travelling di daerah yang cukup berbahaya seperti camping membuat siklus haid Anda terganggu. Selain itu, bawa selalu tisu basah, kompas, pemantik api dan perlengkapan-perlengkapan lain yang digunakan untuk bertahan diri.

Selain backpacker, tips ini berguna saat Anda akan travelling ke pantai. Daerah pantai terkenal panas dan memiliki paparan matahari yang sangat tajam. Jika Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik, maka Anda akan secara otomatis mendapat kulit gosong.

Travelling pantai? Wajib perhatikan ini

Lalu apa saja yang perlu disiapkan ketika travelling di daerah pantai? Berikut beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat Anda menghabiskan waktu di pantai:

  • Pakaian

Pakaian yang cocok digunakan di pantai adalah pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Jika Anda di pantai, sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang  berbahan tebal, sebab akan merasa kepanasan, gunakanlah pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Selain itu, hindari juga pakaian berwarna gelap dan tebal. Jenis pakaian ini hanya akan membuat Anda berkeringat dan merasa tidak nyaman berada dipantai.

  • Sun cream

Benda ini sangat wajib Anda bawa saat mengunjungi pantai. Mengoleskan sun cream bisa membantu Anda menghindari sengatan matahari yang terik. Kulit Anda akan terlindungi dengan baik, sehingga Anda tidak akan mendapati kulit terbakar atau belang

  • Topi pantai

Walaupun Anda sudah menyapukan sun cream pada badan Anda, sebaiknya Anda memakai topi pantai untuk melindungi Anda dari sinar matahari. Topi ini juga berguna menghalau matahari langsung ke mata.  Topi juga melindungi kepala Anda agar tetap nyaman berada di bawah sinar matahari.

  • Kacamata hitam

Kacamata hitam melindungi mata Anda dari sengatan matahari secara langsung. Selain itu Anda tidak akan merasa silau jika menggunakan kacamata hitam. Nilai tambahnya Anda akan terlihat lebih modis dengan kacamata hitam yang bertengger di wajah Anda.

  • Sendal

Kemudian saat pergi ke pantai alangkah bagusnya memakai sendal biasa ketimbang memakai sepatu. Alasannya pasir pantai tentu saja akan mengotori sepatu belum lagi sepatu akan basah jika terkena air laut. Untuk membersihkan sepatu yang basah dan kotor ini jelas cukup merepotkan dan berbeda dengan sendal. Cukup disiram dengan air bersih dan didiamkan sebentar saja sendal sudah kering dan ingat ya gunakan sendal yang bukan berbahan kulit agar cepat kering.

Semakin Anda sering travelling, semakin Anda tidak bingung dengan apa saja yang diperlukan dalam travelling. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas dari travelling Anda. Jangan terlalu terlena dengan travelling sehingga lupa dengan pekerjaan Anda.

Sebaiknya, setelah travelling dilakukan Anda perlu merenung. Jadikan travelling sebagai penyegar dari hari-hari Anda yang monoton. Pastikan travelling yang Anda jalani bermanfaat bagi diri sendiri dan meningkatkan kualitas diri. Selalu atur keuangan saat travelling agar tidak terlalu boros. Selamat berlibur dengan liburan berkualitas.